Profil

PROFILE SMA SHAFTA

Mencermati tujuan Pendidikan Nasional yang termuat dalam Undang-Undang Nomor: 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Nomor: 19 Tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional, dan memperhatikan pula tentang Rencana Strategis (Renstra) Yayasan Al Insanul Kamil. diharapkan setiap Lulusan menjadi manusia yang cerdas, berakhlak mulia, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan ketrampilan, serta sehat jasmani dan rohani. Bila kita sedang mendengar dan membaca SHAFTA secara spintas kelihatan /terdengar singkat dan umum sekali, namun bila dilihat secara historis SMA SHAFTA memiliki latar belakang sejarah yang unik dan menarik, sebab nama SHAFTA memiliki makna/arti yang cukup panjang dan religius.

Visi dan Misi

Bila pada Sekolah-sekolah/lembaga-lembaga pendidikan lain umumnya visi dan misinya mengedepankan pada aspek kwalitas saja,tidak demikian dengan misi dan visi SMA SHAFTA Surabaya ini. Mengingat Nama SHAFTA dirilis dari Aspek Sifat Rosululloh Muhammad SAW yang dicantuman oleh Yayasan yang Islami ,maka Visi dan misi SMA SHAFTA.

VISI

Menjadi Sekolah Unggul yang menghasilkan generasi muslim yang berbudi luhur dengan berlandaskan Iman dan Taqwa, dibekali ilmu pengetahuan dan teknologi serta peduli lingkungan.

MISI
  1. Membentuk lembaga pendidikan yang menjadi pusat keunggulan dalam sistem manajemen organisasi sekolah secara menyeluruh dan menjadi panutan, dengan peningkatan prestasi baik secara akademik maupun non akademik.
  2. Menumbuhkan sikap dan jiwa kepemimpinan, kemandirian, dan kepekaan sosial dalam integritas pribadi yang tangguh sesuai dengan panca jiwa shafta.
  3. Membangun dan menyelenggarakan sistem pendidikan yang Komprehensif yang menyiapkan lulusannya untuk menjadi generasi muslim yang mempunyai landasan aqidah yang lurus, ibadah yang benar dan berakhlaqul kharimah sesuai motto shafta.
  4. Membentuk generasi yang berkarakter, cerdas, kreatif, santun dan berbudiluhur melalui pendidikan terpadu, seimbang dan berkelanjutan dalam penggunaan teknologi yang tepat guna.
  5. Mengembangkan GREENSCHOOL yang menjadikan sekolah sebagai pelopor terdepan dalam melakukan perbaikan kualitas lingkungan, serta menjadi media pembentukan perilaku arif siswa terhadap lingkungan.

SHAFTA

"Shidiq, Amanah, Fathonah, dan Tabligh"

Diambil dari empat sifat Rosul yang artinya :

  1. SHIDIQ : Membentuk pribadi yang jujur dalam segala hal
  2. AMANAH : Membentuk pribadi yang dapat dipercaya dalam mengemban visi dan misi almamater
  3. FATHONAH : Membentuk pribadi yang cerdas berilmu
  4. TABLIGH : Mmbentuk pribadi yang mampu menyampaikan kebenaran

Dari sejarah dan arti SHAFTA tersebut SMA SHAFTA ini mengunakan kurikulum Pendidikan Nasional dan Kurikulum Shafta memiliki program pendidikan secara umum yang agamis dengan Visi dan Misi yang cukup jelas.

PROSES BELAJAR- MENGAJAR

Proses Belajar Mengajar dilaksanakan sesuia Kurikulum berbasis kompetensi terintegrasi dengan tenaga pendidik yang profesional dan Ruang belajar ber-AC, media ajar: LCD, TV, dan Alat Peraga

WAKTU BELAJAR

Senin-Jum'at : 06.30-16.00 Wib, Sabtu : 06.30-12.00 Wib

DAYA TAMPUNG
  • Kelas X : 7 kelas paralel @ 36 siswa(X.IPA 1,2,3 dan IPS 1,2,3,4)
  • Kelas XI : 4 kelas paralel @ 36 siswa ( XI.IPA 1,2 dan IPS 1,2)
  • Kelas XII : 4 kelas paralel @ 36 siswa ( XII.IPA 1,2 dan IPS 1,2)
PENGENALAN LINGKUNGAN

Badan Metereologi dan Geofisika, Museum, PT. PAL, PT. DOK, Masjid Akbar, Makam Sunan-sunan (Sunan Ampel, Sunan Giri, Sunan Malik ibrahim, Sunan Derajat, Sunan Bonang, Sunan Kalijogo, Sunan Muria, Sunan Kudus, Sunan Gunung Jatii) PT. Indofood, PT. Cocacola, PT. Sosro, PT. Polysindo, Puspaiptek, Museum Geologi, Gedung MPR/DPR RI, TMII, Dufan, Pabrik Gula, PT.Pindad, PT. Semen Gresik dll

PENGENALAN PROFESI

Dokter Gigi, Arsitek, Developer, Pilot, Pengacara, Sekretaris, Akuntan, IDI, PII, Advokat, Hakim, Pengusaha/ Entrepreuner, dll